PENDIDIKAN NON FORMAL DI DESA GEMIRINGLOR

            Desa Gemiringlor adalah salah satu Desa di Kecamatan Nalumsari, Penduduknya 99,9999 % beragama Islam. Pendidikan Non Formal/Keagamaan di Desa ini mengalami perkembangan yang begitu segnifikan, di tandai dengan semakin banyaknya murid murid / siswa-siswa yang menuntut ilmu di Madrasah Diniyyah.

            Lembaga Non Formal di Desa Gemiringlor terdiri 3 Madrasah Diniyyah ( 3 Madin ) dan 4 Taman Pendidikan Al Qur’an ( TPQ ) Yaitu :

  1. Madin ” Matholibul Huda ” di Dukuh Krajan RT 01 RW 03
  2. Madin ” Al Inayah ” di Dukuh Ngrenteng RT 02 RW 06
  3. Madin ” Tarbiyatul Athfal ” di Dukuh Penggung RT 02 RW 07
  4. TPQ ” Matholibul Huda ” di Dukuh Krajan RT 01 RW 03
  5. TPQ ” Al Inayah ” di Dukuh Ngrenteng RT 02 RW 06
  6. TPQ ” Hidayatul Muttaqin ” di Dukuh Krajan RT 01 RW 02
  7. TPQ ” An Nur ” di Dukuh Penggung RT 01 RW 07

Dari ke semua Lembaga Pendidikan tersebut, Madin “Matholibul Huda” Dukuh Krajan adalah Madin yang tertua dan sekarang telah berkembang dengan pesat. Murid-muridnya sekarang mencapai 270 anak yang terdiri dari 9 kelas, walaupun memang belum sesuai target yaitu sekitar 350 – 400 anak yang seharus nya masuk di Madrasah Matholibul Huda. Beberapa kendala yang menyebabkan anak seusia 7 – 15 tahun tidak meneruskan Pendidikannya di Madrasah di karenakan :

  1. Sudah melanjutkan Pendidikan yang lebih tinggi di Pendidikan Formal ( SMP/MTs)
  2. Kurangnya dukungan dari wali murid itu sendiri
  3. Kurangnya minat dari anak didik.
  4. Ada anggapan dari sebagian masyarakat bahwa Pendidikan Agama kurang begitu penting.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini madrasah mulai di lirik oleh masyarakat dan mulai di perhatikan oleh Pemerintah, baik Pemerintah Desa maupun Kabupaten. Begitu pula halnya dengan Madrasah ” Matholibul Huda” yang sekarang sedang giat-giatnya membangun. Madrasah ini kini sedang membangun 4 lokal berlantai dua artinya membangun 8 lokal. Dana pembangunan 75 % dari swadaya masyarakat Desa Gemiringlor, 15 % dari donatur luar Desa dan 10 % dari Pemerintah.

Dengan adanya Pendidikan Madrasah ini di harapkan dapat membantu program Pemerintah yaitu ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk gererasi yang berakhlaqul karimah. Semoga apa yang menjadi tujuan pendidik madrasah ini dapat tercapai dan selalu di ridloi oleh allah SWT, Amiiinnn….

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan